Disini adalah tempatku
mengungkapkan keresahan kehidupan ini. Jiah, lebay banget hehe. Tapi emang
gitu, kalian kalo ada masalah tapi ga tau pelampiasannya itu yang gawat. Kalo yang
punya pacar sih enak,eits, ga bole macem-macem ya mikirnya. Ya begitu, biasanya
sih njatah #loh haha. Orang malang pasti tau ni. skip ya.
Tulisan
pertama ini aku bakalan nulis tentang beberapa perilaku buyer online yang
paling umu bakalan kalian jumpai. Kebetulan aku jualan online juga. Ya, jualan
keripik, keripik pedes. Dan aku rambah
ke online, gitu aja sih. Kalian bisa follow twitternya @kreepeq atau fanpage
facebook di Kreepe’Q kalo pengen tau aja sih. Kalo ga pengen tau ya buka
aja biar tau, masih ga mau tau ya suruh temen buat bukain, jangan pacar, karena
laen lagi yang dibuka entar. Hehehe. Postingan ini mungkin bermanfaat juga buat
para online seller dan calon seller yang merambah ke dunia online juga. Gimana aja
sih sifat-sifat buyer itu, dan perilakunya gimana, trus ngadepinnya gimana. nah
bakal kita bahas, belajar dari pengalamanku aja, gapapa kok. J langsung aja ya…
1. ALAY
Tipe buyer yang ini adalah tipe yang
ramah, baik, kadang sopan, kadang ngga (imbang sih), enak di ajak ngobrol dan
luwes. Ya karena itu sifat dasar alay. Ya ngga sih? Hehe.
Kalo ketemu buyer yang seperti gini, ini yang berprospek. 70% dari buyer tipe ini selalu deal ending. ciri-ciri smsnya adalah dengan bahasanya yang alay dan susah dibaca, kadang mudah dibaca tapi menggelikan, geli-geli menggelinjang gitu. “siSt,,, aQ mW order niCh. caraX jadi Reseller Gmn???” ya, kayak begitu deh. Kalo ketemu yang kayak gini, layanin aja dengan baik. Kalo kita alay juga, malah enak, karena bakalan nyambung, tapi kalo engga, ya berusaha jadi alay sesaat aja. Ngikutin flow pembicaraannya mau kemana. Kalo buyer ini cocok, cocok sama bahasa kita aja, ga peduli produknya bakal dibeli kok. Duarius (lebih serius dari serius itu sendiri, hehe)
Kalo ketemu buyer yang seperti gini, ini yang berprospek. 70% dari buyer tipe ini selalu deal ending. ciri-ciri smsnya adalah dengan bahasanya yang alay dan susah dibaca, kadang mudah dibaca tapi menggelikan, geli-geli menggelinjang gitu. “siSt,,, aQ mW order niCh. caraX jadi Reseller Gmn???” ya, kayak begitu deh. Kalo ketemu yang kayak gini, layanin aja dengan baik. Kalo kita alay juga, malah enak, karena bakalan nyambung, tapi kalo engga, ya berusaha jadi alay sesaat aja. Ngikutin flow pembicaraannya mau kemana. Kalo buyer ini cocok, cocok sama bahasa kita aja, ga peduli produknya bakal dibeli kok. Duarius (lebih serius dari serius itu sendiri, hehe)
2. JUTEK
Kalo buyer yang tipe ini kadang bikin
darah turun, eh kebalik ya. Tapi tergantung kitanya, jadi seller itu harus
perlu kesabaran yang tinggi. Karena sabar itu no limit. Biasanya ciri-ciri smsnya
seperti ini “Harga berapa?” “caranya jadi reseller gimana?” “ini siapa? Kamu dimana?
Sedang berbuat apa?” eh kalo yang terakhir bukan ya, kalo itu kangenband hehe. Ya kayak gitu juteknya.
Hei, ini Indonesia. Adab sopan santun atau tata krama sangat dijunjung disini. Kalo
sms itu mbok ya salam dulu, ucapin selamat pagi kek, siang kek, assalamualaikum
kek, swastiastu kek. Trus baru nanya keperluannya. Kan gitu bisa, ga usah
langsung ujuk-ujuk nodong gitu. Seller juga manusia ya, apa susahnya sih
bertata krama gitu. Ya ngga? Kalo ketemu ketemu kayak gini, kalian kudun
tenang. Ga usah ikut-ikutan jutek juga. Itu yang salah, karna selama ini banyak
yang gitu juga. Ya kan? Kita harus tetep bertata krama, bahasa juga tetep harus
enak, halus, dan enjoy. Biar perspektif kita terhadap buyer itu seperti
berkelas gitu. Oke?
3. SPAM – MENYAMPAH J
Kenapa aku kasih tipe begitu, ya,
karena tipe ini kayak cowok yang bego, yang berbuat sesukanya tapi giliran
diminta pertanggung jawaban, eh dianya malah kabur, lari dari kenyataan. Suck banget
kan. Kenapa ngomongin itu? Ah bodo amat ya, hehehe. Tapi emang begitu kok. Biasanya
buyer yang kayak gini dia cuma nanya-nanya aja. Gak penting. Nyepam gitu. “stok
lengkap ga?” lah urusan kita yang ngatur, ngapain buyer nanya gituan. “harga
berapa nih?” giliran dijawab, udah, dianya ga bales lagi. Sekali lagi, itu ga
penting. Toh harga juga uda di pampangin di gambar. Kalo ga jadi beli kan bisa
bilang “oh yauda, maaf ya, harga kurang cocok nih, maaf juga uda ngrepotin”
gitu kan enak. Kan bisa jadi pertimbangan seller juga buat kasih diskon (eh
buka kartu ya) hehe. Bukan seenaknya aja ngrepotin orang, giliran ga cocok
selera malah ngatain yang engga-engga. Lah selera tiap orang kan variasi. Kalo ketemu
yang kayak gini, tetep guys. Kita jangan kepancing, tetep. Relax aja, toh uda
sering kan ngadepin pacar yang gitu. Hehehe.
4. PHP
Pasti sebagian dari kalian ada yang
mukanya langsung kusem denger kata itu. Ya, uda pengalaman berarti,sering di
gituin. Hehe. Buyer yang kayak gini ini yang udah ngobrol lama biasanya, bahkan
udah deal. Tapi giliran disuruh transfer, uh kayak ditagih utang. Padahal kan
mau beli, bukan ngutang. Pas barang uda disiapin, uda di packing, tapi ga
ngabarin lagi dia uda transfer belom.kan PHP banget gitu loh. Kalo ketemu yang
kayak gini, saranku kalian telpon aja atau sms lagi aja. Tanyain kejelasannya
gimana, karena kalo emang bener cancel. barang bisa kita bongkar lagi dan bisa
dijual ke buyer lain. Iya kan?
5. EGOIS
Ya, tipe yang kayak ini biasanya
maunya sendiri. dalam akad jual beli, kalo mau beli atau jual itu ya sama-sama
ridho. Kalo nawar pun juga harus ridho dan wajar gitu lho. Kalo mau beli
sesuatu pasti udah tau kan kisaran harganya berapa. Ya tawarlah yang enak gitu.
Jangan terlalu sadis, kalo ga dikabulin terus menghina, jelek-jelekin. Ya jangan
gitu. Kalo barang dikita kemahalan, yauda kan masih banyak lapak lainnya. Ya ngga?
Saran saya kalo ketemu yang sadis nan egois kayak gini. Ya taruh aja hapenya di
meja alias ignore (abaikan) hehehehe. Masih banyak kok buyer lain. Udaah tenang
aja
Ya itulah tipe-tipe umum buyer
dunia online yang bakal kalian temui. Kalo buat seller yang uda online in
produknya pasti pengalamannya juga sama. Bakalan nemu juga yang kayak gitu. Nah
kita sebagai seller itu harus ngasih service yang istimewa juga, itu tips buat
barang jualan kita laku keras. Perlakukan kayak ratu. Serius, ini bekerja!
sudah banyak yang meng-iyakan. Kalo mereka diperlakukan seperti ratu, buyer
mana sih yang pindah ke lapak lain? J
ya ngga? Udah iya in aja…
Sekian postingan kali ini, kalo
ada postingan yang kurang atau materi yang kudu ditambahin, saran bisa kalian
tulis di kolom comment. Ntar bisa aku update lagi, biar postingan ini mendekati
sempurna gitu. Oke terimakasih ya buat semuanya, ketemu di postingan
selanjutnya. Wassalamualaikum wr wb.
nambah ilmu nih :)
BalasHapusmasukan neh buat adminnya abah. makasih yah. nice blog balad
BalasHapuswww.keripikkaruhun.com