Kamis, 25 Juli 2013

P2KK UMM ANGKATAN 1 (AL FARABI STORY)

Postingan ini aku khususkan untuk universitas tercintaku. Keren kan aku? (padahal juga buat menyanggupi tugas applinet, hehehe). Jujur aku bingung mau posting apaan, tentang sejarah, visi misi dll tentang universitas ini, palingan juga monoton. Karena aku yakin semua pasti uda pada tau dan hafal. Tentang rektornya, ngapain juga. Masuk perkuliahan aja aku belum. Kakak kakak tingkat yang kece juga ngapain, kenal aja engga. Yauda, mumpung kemaren abis pulang dari P2KK. Nah cerita itu kayaknya cocok tuh, sekalian mengenang masa-masa itu. karena aku juga ikut andil kan, jadi postinga bisa lebih bernyawa kalo berdasarkan pengalaman penulis. Cieh.
al farabi class
P2KK itu kepanjangan dari Program Pembentukan Kepribadian & Kepemimpinan. Yang saya pribadi menyebutnya sebagai ajang mencari jodoh. Ya, beberapa temen yang se angkatan dan kakak tingkat pun meng-iyakan kalimat tersebut. Hihihi.


Awalnya mendengar judul kegiatan itu rasanya maleeees banget. Tapi ternyata malah kebalikannya, seruu banget. Aku kebagian angkatan 1 tahun 2013 ini. Yaitu tanggal 27 Juni 2013 kemarin. Pas malemnya tanggal 26, aku di sms oleh panitia. uda makan belum? cemungut ea kaka. ternyata alay.hehe. Bukan, panitia sms yang isinya mengingatkan untuk membawa perlengkapan-perlengkapan yang harus dibawa selama P2KK. Aku abaikan smsnya, ya bener. Alah palingan juga kapan. Pas liat tanggal juga, tanggal 27 itu hari kamis. Yauda, makin santai, lanjutin liat film waktu itu. pukul 23.30 pas aku beranjak ke tempat tidur. Aku liat ponselku ada yang aneh. Kok tanggalnya aneh, aku perhatikan ternyata sekarang tanggal 26, kalo sekarang tanggal 26. Itu artinya??? Langsung buka gallery kalender, dan benar!! Sekarang tahun 2013 tahun depan tahun 2014 dan tahun kemaren adalah tahun 2012 *maksudnya apa? hehe* pas liat kalender ternyata tanggal 27 itu besok. Berarti ntar pagi kudu berangkat, ternyata tanggal 27 yang aku lihat tadi yang jatuh pada hari kamis itu adalah bulan Mei. Ya, bulan lalu. Aku langsung shock, ternyata aku salah liat kalender. Langsung saja aku sibuk nyiapin perlengkapan-perlengkapannya. Sampek-sampek bangunin sahabatku uci, yang kebetulan dia adalah kakak tingkat. Trus untuk tanyain,
”P2KK itu penting ga sih? Aku boleh ga kalo ga ikut?”, tanyaku penasaran
“hush, ngawur aja. Itu buat nilai untuk skripsi ntar loh, kalo ga lulus atau ga ikut ya ngulang tahun depan”,sahutnya dengan nada ngantuk kayak pengen pipis.
“alaah, boleh deeh ga ikut.. ya ya ya?”, pintaku manja kayak cihuahua kelaperan
“ngawur!”, tegas uci.
*tuuut tuuut tuuut tuut *telvon mati
Dengan kesimpulan, ya ga mau tau, besok aku harus ikut. Trus lanjut telpon sahabatku Ano, untuk pinjem Al-Quran mini. Kebetulan Al-Quran dirumahku gede-gede, ga ada yang kecil, aku pengen bawa yang simple aja. Trus kemeja putih juga pinjem si Ade. Pagi-pagi buta aku harus kerumahnya buat ngambil kemeja putih polos. Itu karena kemejaku ilang, padahal ga punya. Hehehe. Alhasil prepare selesai jam 3 pagi. Aku buru-buru tidur, karena paginya harus kerumah Ade tadi buat ngambil kemeja. Jadi tidur Cuma 2 jam saja ! bukan 1 jam saja, karena aku tidak lagi shooting FTV sekarang. Hehe
Akhirnya berangkat ke gedung Rusunawa 1. Dan tetep, dari jaman sekolah sampek masuk kuliah sama aja. 1 kata => TELAT ! selalu TELAT. Kayaknya kata itu udah menjadi bagian hidupku. Hehehe. Aku taruh motor bututku di parkiran Rusunawa, trus masuk dan didalem uda pada ngumpul semua karena ada arahan dari asisten Rektor. Aku ke meja resepsionis, disuruh ganti baju. Ganti baju ya ditempat aja. Udah kemudian gabung ikut arahan asisten rektor tadi. Berharap bisa ketiduran sih, hehe. Udah, terus masuk kelas. Sebelum masuk aku tanya ke meja resepsionis lagi. “mbak, bener motornya taruh belakang situ? Aku lihat kok sepi gitu ya cuma ada beberapa motor aja. Apa aku salah parkir?” | “oh ntar tanya co-trainernya aja mas ya”. Pas masuk kelas ternyata aturannya ga boleh bawa motor. Lah aku udah bawa, nanya lagi ke resepsionis motornya yang bener taruh mana. Walawala. Hehehe.
Oke. Saatnya masuk kelas. Kebetulan aku masuk kelas Al-Farabi, pas masuk kelas lihat wajahnya anak-anak pada kusem semua. Kayaknya pada bete juga ikut kegiatan ini. Aku bakalan disini bersama kawan-kawan ini sampai 6 hari ke depan. Dalam 1 kelas ini ada 38 anak, 8 cowok sisanya cewek, jadi berapakah tinggi rata-rata siswa dikelas tersebut? (loh ternyata soal ujian matematika).


penampakan para cewek yang ketiduran

Hari demi hari aku lewatin. Hari pertama sampek hari ke empat itu bete, rasanya lamaaa banget. Pas hari ke lima dan ke enam, rasanya kok bentar banget, ga rela berpisah sama kawan Al farabi. Saat itu Al farabi ada 3 pembimbing setia, yang disebut Trainer dan co-trainer. Trainernya itu mas Agus dan 2 co-trainer lainnnya adalah mas Adi dan mbak Indah. Merekalah yang setia membimbing kita, menggandeng kita melewati materi demi materi. Yang ngingetin kita sahur. eh belum puasa ya... ngingetin kita pas tidur saat materi, ngingetin kita pas rame saat materi, yang ngajakin kita bercanda, ketawa, bikin yel yel kelas dll. Mbak Indah yang udah ngajarin tari Zimbabwe (maga-maga), pizza hut, dan sekoci. Mas Adi yang ga pernah capek ngingetin kita pas lagi ketiduran saat materi berlangsung, yang moto-in kita pas ketiduran, yang mencairkan suasana dengan joke joke nya. Mas Agus yang suka bacain puisi tiap pagi, yang suka bikin hati para cewek terenyuh dan klepek-klepek. Kalo mas Agus lagi bacain puisinya, para cewek pada teriak “aaawwww!! Mas Agus!! Awww!! Tapi dalem hati #eh iyakah? Hehehe. Dan yang ngajarin lagu sukses “berani gagal, jangan takut gagal, gagal 7x ambil hikmahnya” kira-kira begitu liriknya. Dan masih banyak cerita lainnya.


cowoknya Al farabi, cuma 8 orang (kaum minoritas)

Ada kawan sekamar juga, pada genit semua. Sibuk banget TP TP alias Tebar Pesona. Sibuk saling pengen kenalan sama cewek, sibuk tuker-tukeran dan ngenalin temen cewek yang cantik di kelasnya. Hadeeeh. Trus pas lagi makan. Entah makan pagi, siang atau malem, pas dikantin saling lirik-lirik. Yang cowok lirik ke cewek, yang cewek nglirik cowok. Mas-masnya yang jagain makanan nglirik kerupuk biar ga ada yang nyolong, kerupuknya nglirik tutup toples biar ga kedinginan atau mlempem, dan masih banyak lagi cerita anehnya, hehehe. sayang aku ga bisa mengabadikan moment-moment selama disini, karena peraturan disini yang melarang mengaktifkan segala jenis gadget dari peserta. Adapun pas hari terakhir, itupun curi-curi. lanjut yak.......
Trus ada lagi cerita, jadi kalo pagi itu selese senam pagi itu jam 5.30. 5.30-07.00 itu waktunya istirahat dan prepare buat kegiatan. Kalo temen-temen yang laen sibuk prepare, mandi, makan segala macem, aku malah sibuk tidur. Hehehe. Bangun-bangun jam 7 kurang, trus makan deh. Nah jam 7 masuk kelas kan, itu aku ijin bentar ke belakang. Padahal ke kamar buat mandi. Itu adalah tips biar ga kelamaan ngantri. Pas malemnya pun gitu juga, selese kegiatan itu sore pukul 16.30. Prepare buat mandi dan sebagainya. Kalo aku mah tetep. TIDURRRR. Pas adzan maghrib aku bangun, menuju kelas buat solat. Abis solat, makan, abis makan kan masuk kelas lagi,nah aku ijin lagi bentar ke belakang. Padahal mandi. Hehehehe. Trus kalo udah waktunya istirahat, kan biasanya kalo mau mulai kegiatan lagi ada warning dari trainer gitu. Lewat speaker, dia ngitung waktu mundur. 10 ke angka 0. Ntar yang telat kena hukuman, baca surat apa kek, lari kek, push up kek dll. Karena emang banyak yang molor, terutama kaum adam. Makanya mesti pake warning gitu biar tepat waktu. Nah pas ngitung waktu mundur gitu, temen-temen yang laen semua buru-buru. Yang mandinya awalnya santai, langsung dicepet-cepetin, yang tadinya make upnya santai trus cepet-cepet sampek lipstiknya melencong-lencong  ke pipi. Yang awalnya make bajunya santai akhirnya cepet-cepet juga. Ada yang CD nya diluar, saking paniknya dia. Itu ada. Padahal Man of Steel uda pake CD di dalem loh. Hehehe nah, yang laen panik, aku mah sante aja. Pas itungan udah 3-2-1-0 buru-buru aku tutup pintunya, dan kunci dari dalem. Seakan-akan penghuninya uda pada masuk ke kelas masing-masing. Pas hitungan uda mencapai 1 trus 0, yang masih pada lari dari lantai atas, bahkan ada yang loncat dari atap, itu kena hukuman. Hehe. Salah sendiri. pake taktik dong. Tinggal kamar dikunci aja, gitu aja repot banget. Yihaaa… dan aku berharap para trainer dan co-trainer ga ngebaca paragraf ini.
Al farabi class
al farabi class
Hari pun terus berlalu, dan aku paling suka itu pas hari terakhir. Selain outbond, ada something yang bikin aku makin semangat dan ga pengen nyelesein kegiatan ini. Ya, semua tau. Love at first sight. Aih. Hehehehe. Si doi ada di kelas lain. Muhammad Abduh, tapi jangan di ceritain disini ya. Ntar ada postingan laen yang khusus ngebahas dia. Hehehe.


ini foto outbond pas hari sabtu

seluruh peserta p2kk berkumpul di hall rusunawa


Hari terakhir itu kegiatannya outbond. Ada 3 games disitu yang masing-masing kelas harus bersaing untuk mendapatkan point tertinggi. Kegiatan outbond pun berakhir, lalu acara penutupan dimulai, dimana yang disitu di umumkan siapa siapa saja yang juara dan memperoleh predikat THE BEST. Mulai dari yel yel terbaik, peserta terbaik tiap kelas, peserta terbaik tiap angkatan, dll. Lalu ke kelas masing-masing. Disinilah seluruh awak sekoci Alfarabi mulai sedih. Pada ga rela berpisah, ya memang seru ternyata kegiatan ini. Menyatukan yang belum menyatu dan menyaudarakan yang belum saudara. Kita seperti keluarga disini. Aku yakin kelas lain pun mengalami hal yang sama. Semua sibuk foto-foto, untuk dijadikan kenangan. Semua sibuk kumpul, indah memang. Kayak co-trainer kita. Indah ! hehe
Oke, mungkin cukup sekian tulisan dan oretan tentang pengalaman P2KK ku. Terimakasih buat kalian yang udah nyempetin buat baca postingan ini. wassalamualaikum.... :) :) :)

3 komentar:

  1. keren fiz , jadi penulis aja kamu :D hahahaha

    BalasHapus
  2. aduh aduh... makasi ka, aku uda jadi penulis kok...penulis d tweet, status facebook dll :D

    BalasHapus
  3. bhahahaha lucu komiknya fizz 100 jempol nih aku kasih *permen kaki 100 biji* pantes ikut stand up comedy, cukup lucu hehehe....

    BalasHapus